Minggu, 03 Mei 2015

Cara membuat surat undangan pada Open Office dan memakai fitur Mail Merge

Pada praktikum yang pertama ini saya akan menggunakan OpenOffice, saya akan membuat surat undangan sebanyak 5 surat undangan, menggunakan Mail Merge. Berikut langkahnya :

1. Pertama buka dulu aplikasi OpenOffice yang ada di laptop atau Pc, Klik<<Star<<AllPrograms<<OpenOffice4.1.1,setelah masuk karena saya mau membuat surat undangan  jadi saya akan memilih Text Document.

2.      Selanjutnya kita mengetikkan isi undangan tersebut tanpa mengisi hari, tanggal, jam, tempat.





3.   Jika sudah dibuat, klik tools -> mail merge wizard maka akan muncul tampilan “use the current document”, diguanakan untuk memakai tulisan yang sudah ada. Klik next :





4.    Lalu, akan muncul tampilan seperti ini. Klik” letter” untuk membuat surat.

5.       Setelah Klik next  maka akan mucul tampilan “select different address list”. Klik next maka akan muncul tampilan dibawah ini. Setelah itu klik “create”






6.        Setelah Klik next  maka akan mucul tampilan “select different address list”. Klik next maka akan muncul tampilan dibawah ini. Setelah itu klik “create”













7.         Setelah selesai klik “Ok” lalu buat 5 data. Sebagai contoh dibawah ini. Setelah itu klik “ok”. Lalu data akan tersimpan dalam dokumen. setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini



8.          Kemudian klik next. Tambahkan banyaknya recipient. Disini saya menambahkan 5 data dan klik Edit Document, klik View>Data sources>kemudian masukkan inputan dari table yg sudah dibuat dan diletakkan sesuai yg diinginkan. Setelah itu di next lalu di save dan klik Finish.




9.       Cara memasukkan Background atau warna di open office. Klik kanan mouse lalu pilih Page. Tinggal dipilih Background saja.




10.    Inilah hasil dari pembuatannya. Sebenarnya ada 5 contoh gambar, tapi saya input  satu gambar. 


SEKIAN DAN TERIMA KASIH, karena sudah membaca artikel saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar