Rabu, 31 Mei 2017

ANALISA USABILITY PADA WEB TOKOPEDIA

Analisa Prinsip Usability pada Website Tokopedia

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) pada dasarnya merupakan suatu interaksi  timbal balik antara manusia dengan komputer yang mempunyai tujuan mempermudah manusia mengoperasikan komputer. Timbal baliknya berupa output dari sistem komputer tersebut. Hubungan timbal balik ini, terjadi karena karena pengguna atau manusia melakukan perintah (input) lalu komputer memberikan suatu feedback berupa hasil (output) dari perintah tersebut. Kajian sistem IMK berhubungan desain, implementasi serta evaluasi sistem komputer, sehingga memudahkan manusia dalam penggunaannya. Apalikasi dari IMK sangat banyak sekali jenisnya, salah satu aplikasi yang berhubungan sistem IMK yaitu perancangan situs atau website.

Pada website ini, beberapa hal perlu dipertimbangkan seperti bagaimana membuat desain antar muka (interface) yang menarik, bagaimana membuat agar website tersebut menjadi nyaman dalam interaksinya serta bagaimana website tersebut mudah untuk digunakan. Dari masalah tersebut, peranan sistem IMK menjadi hal yang sangat penting. Dimana, sistem IMK sesuai dengan tujuannya yaitu mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan komputer, maka beberapa faktor terpenting dari IMK seperti user interface, usability dan user experience perlu dipertimbangkan dalam perancangan suatu website.Berikut saya akan menganalisa Prinsip Usability pada web Tokopedia :

·       Usability pada Web Tokopedia

Usability pada dasarnya berguna atau dapat digunakan. Jadi, Usability dalam kaitan dengan IMK merupakan suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna, sehingga semua kemampuan sistem dapat dapat bermanfaat secara maksimal (Afriani 2010). Menurut Nielsen (1994) dari Larasati (2010), usability memiliki lima komponen yaitu :

1.     Learnability : Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali melihat.
2.     Efficiency : Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input).
3.  Memorability : Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat (terbisa) terhadap penggunaanya.
4.     Errors : Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya.
5.     Satisfaction : Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut.




·     Learnability : Pada tampilan Website Tokopedia pertama kali, mudah dipahami bagi orang-orang yang baru pertama kali membukanya, pengelompokan Informasi sesuai dengan peletakkan informasinya mulai dari pencarian barang yang diinginkan sampai Pembelian barang yg sudah dibeli pun ada.

·    Efficiency : Saat pertama kali membuka link web Tokopedia, semua Informasi serta opsi-opsi yang diberikan tertata dengan rapih. Gampang dipilih dan dicari, serta kalau kita biasa mencari barang dikolom Pencarian, saat akan membuka Web tampilan utama lagi akan muncul kembali barang yang kita cari tanpa perlu mengetik kembali dikolom pencarian produk. Serta sudah disediakan juga kolom/tampilan untuk mengtop-up, membeli pulsa, voucher game dan lainnya lengkap tanpa harus mencari lagi opsinya.

 ·     Memorability : saya rasa pada aspek ini untuk web Tokopedia cukup memenuhi, cukup simpel dan tidak repot saat kita sudah memesan barang serta notif pembelian serta barang sudah sampai pun ada. Saya rasa untuk orang yang pertama kali diajari juga sudah paham dan tidak akan lupa.

·     Error : siapa sih yang tidak mau terkena error? Biasanya error yang suka terjadi pada Web ini yaitu pada saat Server Tokopedia sedang mengalami gangguan/maintenance. Tidak usah panic, bisa langsung kontak ke Tokopedia langsung via Facebook dan media yang sudah disediakan oleh pihak Tokopedia.

·     Saticfaction : Aspek kenyamanan juga perlu bagi para user saat membuka website tersebut. Terlihat simpel tidak telalu kaku dan jelas.

Sekian terima kasih, semoga ulasan ini bermanfaat bagi para pembaca ^_^
Jangan lupa untuk mengikuti Blog ini ya ^_^





PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar